Untuk melatih sebagai persiapan pemantapan dalam menghadapi ujian nasional berstandar nasional, dan ujian sekolah kelas VI (6) tingkat sekolah dasar di tahun pelajaran 2018/2019, kami menyajikan untuk dipelajari dan untuk diisi, kami lengkapi dengan kunci jawaban sebagai materi perbandingan, berapa persen yang sanggup terjawab. Apabila belum tercapai sesuai dengan nilai standar, silahkan untuk mengerjakan kembali, dan pada kesudahannya anak yang mencar ilmu mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Salan satu teladan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia
I. Berilah tanda silang (X) pada aksara A, B, C, dan D pada jawaban yang tepat !
1. Pertandingan sepakbola antara PSS melawan Persebaya berakhir dengan kemenangan Persebaya.
Suasana pertandingan berlangsung sangat meriah. Para suporter telah membanjiri Stadion Maguwoharjo sebelum pertandingan dimulai. Mereka saling menjaga diri untuk tidak membuat keributan hingga pertandingan usai.
Makna kata suporter dalam paragraf tersebut yakni ....
A. penonton
B. pendukung
C. peminat
D. pemirsa
2. Bertani jagung dimulai dengan menanam bijinya. Setelah tiga hingga empat hari bakal tumbuhan akan muncul di permukaan tanah. Petani sanggup memanen jagung sehabis tumbuhan berusia tiga setengah bulan. Itulah tahapan petani dalam menanam jagung.
Ide pokok paragraf tersebut yakni ....
A. teknik bertani jagung
B. awal mula bertani jangung
C. tahapan bertani jagung
D. usia jagung dipanen
3. Air limbah yang berasal dari industri tekstil sangat berbahaya. Air itu mengandung racun. Racun
tersebut sanggup mengganggu kesehatan manusia.
Makna kata limbah pada paragraf tersebut yakni ....
A. sesuatu yang tidak dipakai
B. sisa proses produksi
C. sisa materi industri
D. materi sortiran pabrik
4. Pohon itu kelihatan pendek.
Antonim kata pendek dalam kalimat tersebut yakni ....
A. besar
B. tinggi
C. panjang
D. rimbun
5. Belanda ingin mengalahkan Diponegoro namun belum berhasil. Belanda berbohong untuk mengalahkannya. Pimpinan Belanda, akal-akalan mengajak Diponegoro berunding di Magelang. Akan tetapi, Diponegoro ditangkap. Beliau diasingkan ke Batavia, kemudian Manado. Akhirnya Diponegoro dipindahkan ke Makasar hingga wafat 8 Juni 1855.
Bagaimana cara Belanda mengalahkan Diponegoro?
Cara Belanda mengalahkan Diponegoro dengan ....
A. penangkapan
B. penipuan
C. pengasingan
D. penculikan
6. Setiap sekolah menggalakkan gerakan literasi dengan beberapa kegiatan. Salah satu diantaranya adalah membaca buku sepuluh menit sebelum pelajaran dimulai. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan kebiasaan membaca. Dengan membaca, pengetahuan dan wawasan siswa semakin luas.
Mengapa literasi perlu digalakkan?
Literasi perlu digalakkan ....
A. supaya sanggup membaca buku sebelum pelajaran dimulai
B. untuk menumbuhkan kebiasaan dalam membaca
C. supaya pengetahuan membaca kita semakin banyak
D. supaya wawasan buku yang kita baca semakin luas
7. Kita sanggup menciptakan kompas dengan cara sederhana. Cara membuatnya dengan menimbun sampah
dedaunan di dalam lubang. Sebaiknya, lubang dibuat di kawasan teduh. Hal ini dilakukan untuk
mempercepat proses pembusukan.
Jika timbunan sampah dedaunan tidak diletakkan di kawasan teduh yang terjadi yakni ....
A. kawasan teduh akan mempercepat pembusukan
B. kelembaban udara mempercepat dedaunan busuk
C. sampah dedaunan tidak akan cepat membusuk
D. sampah dedaunan tidak akan pernah busuk
8. Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat!
Erwin : “Han, ayahmu berada di rumah?”
Hani : “Tidak. Kau jadi akan mencar ilmu cara mencangkok pohon?”
Erwin : “Ya. Dimana beliau?”
Hani : “Ayahku masih bekerja.”
Erwin : “Kapan dia pulang?”
Hani : “Biasanya sore.”
Erwin : “Baiklah, nanti sore saya kembali ke sini.”
Topik teks percakapan tersebut yakni ....
A. mencar ilmu mencangkok pohon
B. mencangkok pohon bersama
C. rencana mencar ilmu mencangkok
D. cara mencangkok pohon
9. Baca cuplikan teks laporan berikut dengan cermat!
Siswa kelas VI SD Mulia mengadakan kunjungan ke Museum Kraton Yogyakarta. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Selasa, 9 Januari 2018. Museum Kraton Yogyakarta terletak di dalam area Kraton Yogyakarta. Di dalam museum, para siswa sangat tertib dan bersikap sopan. Siswa tidak memegang barang yang dihentikan disentuh. Mereka mengamati benda koleksi museum dengan tenang.
Isi laporan tersebut yakni ....
A. ketertiban siswa kelas VI SD Mulia di dalam Museum Kraton Yogyakarta
B. siswa SD Mulia mengamati bangunan-bangunan di dalam Kraton Yogyakarta
C. pada Selasa, 9 Januari 2018, siswa kelas VI SD Mulia mengunjungi kraton
D. Museum Kraton Yogyakarta menerapkan aneka macam peraturan bagi pengunjung.
10. Perhatikan cuplikan pidato berikut!
Teman-teman, waktu ujian sekolah semakin dekat. Jangan terlena dan bermalas-malasan, jikalau tidak ingin kecewa. Nilai ujian sekolah yang memuaskan harus diraih. Dengan demikian kita dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan yang diinginkan. Marilah mencar ilmu dengan lebih rajin supaya mendapat nilai ujian yang memuaskan!
Isi pidato tersebut yakni ....
A. mencar ilmu rajin supaya memperoleh nilai ujian sekolah yang memuaskan
B. siswa dihentikan terlena terhadap nilai ujian sekolah yang memuaskan
C. sehabis lulus, siswa sekolah dasar harus melanjutkan ke sekolah lanjutan
D. siswa yang bermalas-malasan niscaya tidak sanggup melanjutkan ke sekolah lanjutan
11. Cara menciptakan permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana. Kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter. Setiap kayu tersebut dibuat menyerupai sandal raksasa.
Jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter.
Kalimat utama paragraf tersebut yakni ....
A. cara menciptakan permainan tradisional bakiak raksasa sangat sederhana
B. kita perlu menyediakan dua bilah kayu yang panjangnya kira-kira 1,5 meter
C. setiap kayu tersebut dibuat bantalan kaki dengan ukuran yang sangat besar
D. jepitan kaki dibuat dari karet dengan jarak antar jepitan setengah meter
12. kita wajib mengerjakan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru. Segeralah mengerjakan PR dan hindari menunda pekerjaan. Jangan malas mengerjakan PR. Jangan menghindari PR yang sulit. Kita harus optimistis sanggup mengerjakan PR sesulit apapun.
Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yakni ....
A. kita dihentikan menghindari pekerjaan rumah yang diberikan guru
B. pekerjaan rumah (PR) merupakan kiprah yang diberikan guru di rumah
C. optimistis akan membawa kita berhasil dengan mengerjakan PR yang sulit
D. menunda mengerjakan PR berarti mempersulit kiprah yang harus dikerjakan
13. Teks 1
Hampir empat tahun Andi merantau di Tangerang. Andi menjadi buruh pabrik elektronik. Selama itu, belum sekalipun Andi pulang ke kampung halaman alasannya kesibukannya. Keluarga sangat merindukan
Andi. Mereka berharap tahun depan Andi pulang.
Teks 2
Arif seorang administrator di perusahaan. Belum lama ini perusahaan Arif membuka cabang di Tangerang. Ia ditugaskan di cabang gres itu. Perusahaannya berkembang pesat sehingga membuatnya sibuk. Ia tidak pernah pulang kampung.
Perbedaan isi kedua teks tersebut yakni ....
A. mereka bekerja di bidang ekonomi
B. jenjang karir mereka di perusahaan
C. kesibukan yang mereka alami
D. mereka bukan warga orisinil Tangerang
14. Beberapa tahapan perlu diperhatikan dikala kita becocok tanam. Kita perlu menyiapkan media tanam yang baik. Pemilihan bibit akan memengaruhi pertumbuhan tanaman. Pemupukan perlu dilakukan agar tanaman tumbuh subur. Pengairan yang cukup menciptakan tumbuhan terpenuhi kebutuhan airnya. Hama harus diberantas supaya tidak mengganggu tanaman.
Pernyataan yang sesuai dengan isi teks tersebut yakni ....
A. pemupukan yang berlebihan menciptakan pertumbuhan tumbuhan lebih cepat
B. hama tidak akan muncul lagi sehabis dilakukan pemberantasan
C. air merupakan salah satu unsur yang sangat diperlukan tanaman
D. pemilihan hibrida dilakukan supaya tumbuhan terhindar dari hama
15. Siswa kelas VI SD Merapi mengadakan kunjungan ke peternakan sapi. Disana, mereka akan belajar berbagai hasil peternakan. Sekar, Leny, Bayu, dan Richi mencar ilmu menciptakan camilan. Dani, Rafa, Novi, dan Tuti mendengarkan pemandu mengambarkan cara menciptakan yoghurt. Sedangkan Vino, Andi, Caca, dan Nabila mencar ilmu memerah.
Ilustrasi tersebut disajikan dalam tabel berikut :
Isian yang tepat untuk melengkapi tabel camilan, yoghurt, dan pemerahan yakni ....
A. Rafa; Bayu; Caca
B. Bayu; Rafa; Caca
C. Caca; Rafa; Bayu
D. Bayu; Caca; Rafa
16. Adisucipto menempuh pendidikan di aneka macam kota. Beliau menamatkan pendidikan setingkat SD di HIS Muntilan. Kemudian, Adisucipto melanjutkan pendidikan setingkat Sekolah Menengah Pertama di MULO St. Louis Ambarawa.
Setelah lulus, Adisucipto masuk AMS yang merupakan pendidikan setingkat Sekolah Menengan Atas di Semarang. Setamat AMS, Adisucipto melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Kedokteran di Jakarta. Adisucipto tidak menamatkan pendidikannya di sekolah ini. Ia pindah ke Sekolah Penerbangan Belanda di Kalijati, Jawa Barat.
Jenis paragraf tersebut yakni .... (penjelasan perihal jenis paragraf/karangan sanggup dibaca disini)
A. narasi
B. deskripsi
C. argumentasi
D. persuasi
Cerita untuk soal nomor 17 dan 18
“Begini Intan, dikala ini animo penghujan. Jadi, persediaan air di desa ini sangat melimpah. Sawah disini termasuk sawah tadah hujan sehingga air hujan merupakan sumber pengairan yang utama. Nah, selagi air melimpah, para petani memanfaatkan sawahnya untuk ditanami padi. Padi termasuk tumbuhan yang membutuhkan banyak air. Makara animo hujan begini dikala paling tepat untuk menanam padi. Namun, tidak berarti petani disini tidak suka menanam sayuran atau buah-buahan. Pada animo kemarau, ada yang menanam sayuran, misalnya, cabai, sawi, terung, tomat, dan kubis. Ada juga petani yang menanam buah-buahan, menyerupai semangka dan melon,” Paman Danu menjelaskan.
“Selain itu, yang ditanam pada animo kemarau apa, Paman?” Tanya Intan lagi.
“Yang ditanam antara lain palawija, contohnya kacang tanah, jagung, atau kedelai.”
“Mengapa petani menanam sayuran dan palawija pada animo kemarau, Paman?” Tanya Intan.
Paman Danu pun menjelaskan, “Hal ini alasannya tumbuhan sayuran dan palawija termasuk kurang cocok
ditanam pada lahan banyak air. Namun, tidak berarti tumbuhan tersebut tidak memerlukan air.” “Semua tumbuhan membutuhkan air. Namun, tumbuhan sejenis palawija dan sayuran hanya memerlukan pengairan pada saat-saat tertentu. Tanah kawasan tumbuhan itu tumbuh dihentikan berair atau tergenang air terus-menerus. Jika air hingga menggenang terus-menerus, akar atau batangnya sanggup membusuk,”tambah Paman Danu.
17. Bagaimana cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah?
Cara petani memanfaatkan air hujan yang melimpah dengan ....
A. menciptakan sawah tadah hujan untuk ditanami sayuran
B. menanam palawija di sawah tadah hujan
C. menanam padi di sawah tadah hujan
D. mengalirkan air ke sawah dan ladang
18. Mengapa tumbuhan palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus?
Tanaman palawija tidak memerlukan pengairan secara terus menerus alasannya ....
A. buah pada tumbuhan palawija akan membusuk jikalau terlalu banyak air
B. daun tumbuhan palawija akan membusuk jikalau tanahnya tergenang air
C. tumbuhan palawija membutuhkan banyak air di waktu tertentu untuk tumbuh
D. akar atau batang tumbuhan palawija akan membusuk jikalau terlalu banyak air
Cerita untuk soal nomor 19-21
Ibu Kelinci tinggal bersama anaknya di dalam hutan. Mereka tinggal berdekatan dengan keluarga ayam. Suatu hari, Ibu Kelinci ingin pergi ke suatu lembah. Ia berpesan supaya anaknya tidak membuka pintu rumah, kecuali untuknya. Agar anaknya tidak salah mengenali, Ibu Kelinci mengajarkan sebuah lagu. Jika lagu itu dinyanyikan di depan pintu, maka Ibu Kelinci yang datang. Namun, tanpa mereka ketahui, ternyata
Musang ikut mendengarkan lagu tersebut.
Ibu Kelinci kesudahannya pergi. Musang segera tiba ke depan pintu. Ia menyanyikan lagu yang didengarnya tadi. Mendengar lagu itu, anak kelinci menjadi ragu. Bukankah ibunya gres saja pergi? Kok ibunya sudah kembali? Suara yang didengarnya juga tidak menyerupai bunyi ibunya. Haruskah ia membuka pintu?
Namun anak kelinci tidak segera membuka pintu. Ia mengintip lewat celah di bawah pintu. Ia melihat
sepasang kaki milik musang. Anak kelinci berteriak sehingga Pak Ayam dan keluarganya bedatangan.
Musang ketakutan dan segera pergi menuju goa.
19. Tokoh utama dongeng tersebut yakni ....
A. Ibu kelinci
B. Anak kelinci
C. Musang
D. Pak ayam
20. Latar kawasan dongeng tersebut yakni ....
A. dalam hutan
B. dalam goa
C. depan rumah
D. suatu lembah
21. Watak anak kelinci pada dongeng tersebut yakni ....
A. peduli
B. cerdik
C. ragu
D. takut
Cerita untuk soal nomor 22-28
Induk Ayam dan Burung Elang hidup berdampingan dengan rukun. Keduanya saling menolong dalam keseharian. Suatu hari Induk Ayam mendatangi Elang. Malam itu, Induk Ayam mendapat seruan pesta. Ia bermaksud meminjam cincin yang indah milik elang. Sambil menyerahkan cincin, Elang berpesan, “Hati-hati, benda ini sangat berharga bagiku. Kalau hilang, nyawa anak-anakmu sebagai jaminannya.”
Induk Ayam sangat menikmati pesta yang meriah itu. Ia menjadi sentra perhatian kaum ayam. Semua
mengagumi cincin yang dipakainya. Ia menari mengikuti alunan musik bersama teman-temannya.
Semaraknya suasna menciptakan Induk Ayam lupa pada anak serta cincin di cakarnya. Karena lelah, ia terlelap tidur. Keesokan hari, ia teringat pada cincin Burung Elang. Induk Ayam menengok kakinya. “Hah, celaka aku!” Dengan panik, dikoreknya setiap gundukan tanah. Ia mencari-cari cincin itu. Karena lelah, kesudahannya ia melapor kepada Burung Elang. Burung Elang sangat murka. Ia mengancam akan mengambil belum dewasa ayam. Sampai kini, induk ayam masih terus mengais tanah. Ia berusaha melindungi anak-anaknya dari buruan elang.
22. Kesimpulan dongeng tersebut yakni ....
A. burung elang berhasil memburu belum dewasa ayam
B. kedua sahabat itu saling mengingkari perjanjiannya
C. induk ayam sudah tidak mencari cincin milik burung elang
D. persahabatan keduanya tercederai jawaban ulah induk ayam
23. Induk Ayam menengok kakinya,”Hah, celaka aku!”
Maksud pernyataan dalam penggalan dongeng tersebut yakni ....
A. induk ayam mengalami kehilangan dikala pesta malam itu
B. cincin yang digunakan induk ayam hilang dari cakarnya
C. induk ayam terkejut alasannya cincin yang dipakainya musnah
D. burung elang mengancam induk ayam yang menghilangkan cincin
24. Hal yang akan terjadi jikalau induk ayam tidak pergi ke pesta malam itu yakni ....
A. induk ayam tidak perlu melindungi anaknya
B. cincin burung elang menjadi milik induk ayam
C. pesta kaum ayam tidak akan meriah malam itu
D. induk ayam tidak meminjam cincin burung elang
25. Awal konflik dongeng tersebut yakni ....
A. induk ayam dan burung elang hidup berdampingan
B. induk ayam mendapat seruan pesta pada malam itu
C. induk ayam menghilangkan cincin yang indah milik elang
D. induk ayam meminjam cincin milik elang dengan perjanjian
26. Amanat yang terkandung pada dongeng tersebut yakni ....
A. kita harus menjaga dan bertanggung jawab terhadap barang pinjaman
B. berlebihan dikala melaksanakan pesta akan mengakibatkan malapetaka
C. kita harus mengutamakan persahabatan di atas segala-galanya
D. kita harus berusaha untuk menghadiri seruan yang diterima
27. Tema dongeng tersebut yakni ....
A. budi pekerti
B. kegemaran
C. kegiatan
D. hiburan
28. Nilai moral positif tokoh induk ayam dalam penggalan dongeng tersebut yakni ....
A. jujur atas segala kesalahan yang dilakukannya
B. menepati perjanjian yang sudah disepakati
C. berusaha keras menyenangkan sahabatnya
D. suka menjalin persahabatan dengan burung
Syair untuk soal nomor 29 dan 30.
Semua bermula dari hati
Hati higienis hingga sanubari
Manusia jangan melangit tinggi
Banyak orang tak simpati
29. Manusia jangan melangit tinggi.
Makna melangit pada kalimat tersebut yakni ....
A. mulia
B. hebat
C. angkuh
D. kaya
30. Banyak orang tak simpati
Maksud syair tersebut yakni ....
A. kita harus memulai menata hati supaya dicintai orang
B. insan yang berhati higienis niscaya akan bahagia
C. banyak orang simpati pada orang yang tinggi
D. insan yang besar kepala tidak disukai orang
31. Pada pelajaran IPS, siswa kelas V SD Mulia mendapat kiprah menciptakan .... Tugas ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi perihal R.A. Kartini. Untuk mendapat informasi tersebut, siswa sanggup memanfaatkan surat kabar dan majalah. Kemudian, hasilnya dijilid menjadi buku.
Istilah yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ....
A. brosur
B. tabloid
C. kliping
D. mading
32. Petunjuk penggunaan blender disusun secara acak:
(1) Pastikan blender dalam keadaan off, kemudian tancapkan steker!
(2) Siapkan blender dan materi yang akan dilumatkan!
(3) Matikan blender, cabut steker dan tuangkan isinya ke wadah!
(4) Masukkan materi yang akan dilumatkan!
(5) Tekan tombol on dan tunggu hingga materi lumat!
Urutan penggunaan blender yang tepat yakni ....
A. (4)-(1)-(2)-(5)-(3)
B. (4)-(2)-(3)-(1)-(5)
C. (2)-(4)-(3)-(5)-(1)
D. (2)-(4)-(1)-(5)-(3)
33. Pedagang grosir itu mengembangkan kuwitansi pembelian satu kuwintal gula inport.
Penulisan kata kuitansi, kuwintal, dan inport yang tepat untuk kalimat tersebut yakni ....
A. kuitansi, kuintal, impor
B. kwitansi, kuintal, inpor
C. kuitansi, kwintal, import
D. kwitansi, kuintal, import
34. Energi alternatif sanggup menghemat energi fosil. Energi ... sebagai pengganti solar. Bahan pembuatan energi ini dari tumbuhan kelapa sawit, jarak, dan nyamplung.
A. biodiesel
B. biodisel
C. bio diesel
D. bio disel
Baca :
DOWNLOAD KISI-KISI DAN INDIKATOR SOAL USBN KELAS VI SD/MI BAHASA INDONESIA, MATEMATIKA, IPA TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BONUS APLIKASI SKORIN NILAI PG DAN ISIAN
Unduh Kisi-Kisi Ujian Praktek dan Pedoman Penialaian SD/MI Tahun Pelajaran 2017/2018 Lengkap Semua Bidang Study
35. Cermati kalimat-kalimat petunjuk berikut!
(1) Masukkan bentukan bakso ke air mendidih, angkat jikalau sudah mengapung!
(2) Rebus air dalam panci hingga mendidih!
(3) Tuangkan gabungan daging ke dalam wadah yang sudah diberi bumbu!
(4) Campurkan tepung kanji, kemudian lumatkan hingga kalis!
(5) Ambil gabungan daging dengan tangan kemudian dibuat bulat!
Urutan petunjuk menciptakan bakso daging yang tepat yakni ....
A. 3-4-5-2-1
B. 3-4-1-5-2
C. 3-4-2-1-5
D. 3-4-2-5-1
36. Dian memang ..., ia suka berderma.
Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ....
A. besar hati
B. lurus hati
C. murah hati
D. teguh hati
37. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Akar serabut
(2) Daunnya menjuntai menyerupai pita
(3) Tanaman padi mempunyai akar, batang, dan daun yang khas
(4) Batangnya berongga
Susunan kalimat acak supaya menjadi paragraf deskripsi yakni ....
A. 3-4-1-2
B. 3-1-2-4
C. 3-2-1-4
D. 3-1-4-2
38. Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1) Di toko itu, ia menentukan beberapa buku dongeng dan kamus
(2) Budi pergi ke Toko Buku Sari Ilmu kemarin sore
(3) Budi membayar sesuai dengan harga yang ditentukan
(4) Budi meninggalkan toko
(5) Ia mengantre di depan kasir untuk membayar
Urutan kalimat yang tepat supaya menjadi paragraf narasi yakni ....
A. 2-1-3-5-4
B. 2-1-4-5-3
C. 2-1-5-4-3
D. 2-1-5-3-4
39. Pada Senin, 2 Oktober 2017, SD Mulia melaksanakan upacara. Upacara tersebut untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Hari itu bertepatan dengan Hari Batik Nasional. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut yakni ....
A. Peserta upacara mengenakan pakaian batik
B. Amanat upacara berkaitan dengan sejarah batik
C. Setelah upacara, semua siswa membeli kain batik
D. Setiap Hari Kesaktian Pancasila, siswa mengenakan batik
40. Perhatikan kalimat iklan berikut!
Ayo, ekonomis air!
Setetes air yakni ....
Kata yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut yakni ....
A. kesempurnaan
B. keberhasilan
C. keindahan
D. kehidupan
41. Perhatikan cuplikan teks pidato berikut!
Salah satu jadwal pendidikan budbahasa berlalu lintas yakni senam kemudian lintas. Tadi pagi, Bu Sari berpesan supaya kita melaksanakan senam kemudian lintas. Untuk itu, saya mengajak teman-teman untuk berlatih dengan tekun. Latihan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Oktober 2017. ...
Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut yakni ....
A. Marilah, kita berterimakasih kepada Bu Sari yang telah membimbing kita!
B. Oleh alasannya itu, mari kita mengundang Bu Sari supaya kegiatan ini lancar!
C. Marilah, kita berpartisipasi dalam kegiatan latihan senam tersebut!
D. Oleh alasannya itu, mari kita minta izin kepada kepala sekolah!
42. Bupati Sleman tanda tangan prasasti peletakan kerikil pertama gedung baru.
Penggunaan kata berimbuhan tanda tangan yang tepat yakni ....
A. Menandatangani
B. mentanda tangani
C. menanda tangani
D. menandatangani
43. Bacalah kalimat-kalimat berikut!
(1) Pukul 05.00, Budi berdiri tidur.
(2) Kemudian, ia membersihkan sangkar ayam di belakang rumah
(3) Memang, Budi rajin dan senang membantu orang tua
(4) Ia merapikan kawasan tidurnya terlebih dahulu
(5) Setelah selesai, Budi mandi dan siap ke sekolah
Urutan kalimat yang tepat supaya menjadi paragraf padu yakni ....
A. 1-4-3-2-5
B. 1-4-2-5-3
C. 3-1-2-4-5
D. 3-1-2-5-4
44. Perhatikan teks percakapan berikut!
Rosi : “Ra, kau pernah dengar belum?”
Tiara : “Apa itu, Ros?”
Rosi : “Kata orang, energi fosil di bumi kita ini sudah hampir habis.”
Tiara : “Lantas, mau apa?”
Rosi : “...”
Tiara : “Ayo!”
Kalimat yang tepat untuk melengkapi percakapan tersebut yakni ....
A. Mari kita perbarui energi fosil!
B. Mari kita menambah energi fosil!
C. Mari kita menghemat energi fosil!
D. Mari kita cegah penggunaan energi fosil!
45. Perhatikan gambar berikut!
Kalimat yang sesuai untuk mendeskripsikan gambar tersebut yakni ....
A. Ada pohon pisang, batangnya lunak, dan tidak bercabang.
B. Ada pohon pisang, buahnya bertandan, dan mempunyai tunas.
C. Ada pohon pisang, batangnya berpelepah, dan berbuah manis.
D. Ada pohon pisang, buahnya kuning, dan berkembanbiak dengan tunas.
46. Ketika pelajaran olahraga. Tono jatuh dan lututnya berdarah dikala memraktikkan loncat tinggi. Nita mencari daun obat merah di area apotek hidup.
Kesalahan penggunaan ejaan pada paragraf tersebut yakni ....
A. olahraga
B. memraktikkan
C. apotek hidup
D. loncat tinggi
47. “Han, sanggup kan kau berlari cepat!” kata Hanafi.
Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yakni ....
A. tanda petik (“)
B. tanda koma (,)
C. tanda seru(!)
D. tanda titik(.)
48. Sudah satu ahad belum dewasa berlibur di desa.
Penulisan ejaan yang benar pada kalimat tersebut yakni ....
A. Sudah satu minggu, belum dewasa berlibur di desa.
B. Sudah satu Minggu, belum dewasa berlibur di desa.
C. Sudah satu Minggu, belum dewasa berlibur di Desa.
D. Sudah satu minggu, belum dewasa berlibur di Desa.
49. Ibu membeli sayuran (...) bayam (...) cabe (...) dan tomat (...)
Penulisan tanda baca yang tepat pada kalimat tersebut adalah
A. ( : ) ; ( . ) ; ( , ) ; ( . )
B. ( : ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( , )
C. ( : ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( . )
D. ( ; ) ; ( , ) ; ( , ) ; ( . )
50. Ibu berkata Kerjakan dulu semua tugasmu Nak
Tanda baca yang tepat untuk kalimat tersebut yakni ....
A. Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak.”
B. Ibu berkata; “Kerjakan dulu semua tugasmu. Nak!”
C. Ibu berkata “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak!”
D. Ibu berkata, “Kerjakan dulu semua tugasmu, Nak!”
II. Jawablah pertanyaan berikut dengan lengkap dan benar!
51. Mengkudu merupakan buah yang baunya kurang disukai banyak orang. Meskipun demikian, mengkudu menciptakan kita menjadi lebih sehat bila dikonsumsi. Mengkudu mengandung banyak zat yang diperlukan oleh badan kita. Banyak penyakit yang sanggup disembuhkan oleh buah tersebut. Salah satu contohnya mengkudu sanggup menyembuhkan batuk.
Tulislah simpulan paragraf tersebut!
52. Sebutkan 4 keteladanan tokoh Avin dalam dongeng berikut!
Avin dan Avan yakni kakak beradik. Mereka mempunyai kebiasaan yang berbeda. Avin menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung, sedangkan Avan selalu menghabiskan uang sakunya. Avin selalu menasihati Avan supaya menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. Akan tetapi, Avan tidak pernah menghiraukan nasihan Avin.
Tabungan Avin semakin hari semakin banyak. Tabungan tersebut dia gunakan untuk membeli sepatu baru. Mengetahui hal tersebut, Avan merasa sedih tidak sanggup membeli sepatu gres seperti Avin. Diam-diam avin juga membelikan sepatu gres untuk Avan dengan uang tabungannya. Mengetahui hal tersebut, Avan merasa senang dan berterima kasih kepada Awin.
53. Sungguh banyak pasir pantai
Berkilau kena cahaya bulan
Jadilah siswa yang pandai
Biar senang di hari depan
Tulislah pesan yang terkandung dalam pantun tersebut!
54. Tadi sore Ayah di teras belakang membaca koran sambil minum kopi. Bau kopi tercium hingga ruang tamu. Kopi tersebut buah tangan dari paman. Kopi tersebut orisinil Lampung.
Perbaikilah tata kalimat yang dicetak miring tersebut dengan benar! (Pedoman penggunaan huruf
kapital sanggup dibaca disini)
55. Paraguay menjuarai piala amerika selatan yang pertama pada kejuaraan futsal tahun 1965. Enam
perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979. Semua gelaran juara
disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun
1980 dan 1984.
Perbaikilah kalimat yang dicetak miring dengan ejaan yang tepat! (Pedoman penggunaan aksara kapital sanggup dibaca disini)
KUNCI JAWABAN
1. B. pendukung
2. C
3. B
4. B
5. B
6. B
7. C'
8. C
0. A
10. A
Selengkapnya silahkan download di bawah ini.
BAHASA INDONESIA
Download Soal Paket 1, 40 PG 5 Essay (Password = kependidikan.com)
Downliad Soal Paket 2 Bahasa Indonesia (Password : kependidikan.com)
Download Kunci Jawabannya
Download Soal Paket 3 Bahasa Indonesia (Password : kependidikan.com)
Download Kunci Jawabannya
Download Soal Paket 4 Bahasa Indonesia (Password : kependidikan.com)
Download Kunci Jawabannya
Download Soal Paket 5 Bahasa Indonesia (Password : kependidikan.com)
Download Kunci Jawabannya
Download Soal Paket 6 Bahasa Indonesia (Password : kependidikan.com)
Download Kunci Jawabannya
Download Soal dan Kunci Jawaban Latihan USBN Bahasa Indonesia dari Sumber Lain
Download Latihan 1Download Latihan 2Download Latihan 3Download Latihan 4
kata sandi = soalku.net
MATEMATIKA
Soal matematika |
Kunci Jawaban matematika |
SOAL USBN IPA KELAS VI SD
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Download Soal USBN IPA Paket 1 (Password : kependidikan.com)
Secara lengkapnya Kisi-Kisi dan Paket soal USBN SD Kelas 6 kami sajikan di bawah ini.
Kisi-Kisi USBN SD TAHUN 2019 klik >>> di SINI
PAKET SOAL DAN KUNCI JAWABAN USBN 2018 SD KLIK >>> DI SINI
Semoga bermanfaat. Aamiin