Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau yang disingkat dengan PTK merupakan Standar yang harus ada bukti fisik sebagai instrumen admnistrasi sekolah yang akan divisitasi leh assesor dalam pelaksanaan legalisasi sekolah, yang akan di bahas khsusus tingkat satuan pendidikan sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah.
Pendidik dan Tenaga kependidikan (PTK)
Pendidikan harus mempunyai kualifikasi akademik kompetensi sebagai distributor pembelajaran, harus sehat baik jasmani maupun rohaninya, juga harus mempunyai kemampuan untuk mewujudkan sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Kualifikasi yang dimaksud yakni tingkat pendidikan minimal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik/guru ddengan bukti diantaranya yakni Ijazah atau Sertifikat Pendidik sebgai keahilan yang relevan sesuai dengan ketentuan undang-undang atauran yang berlaku.
Ada komponen bahwa pendidik sebagai distributor dalam pembelajaran pada jenjang anak usia dini, pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, diantaranya sbb :
-komponen pedagogik
-komponen kepribadian
-komponen profesional, dan
-komponen sosial
Tenaga Kependidikan mencakup Kepala Sekolah/madrasah, pengawas sekolah, tenaga perpustakaan, tenaga manajemen sekolah, tenaga laboratorium, teknisi, pengelola kelompok belajar, pamong berguru dan tenaga kebersihan atau penjaga sekolah.
Dalam Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Dalam Standar PTK ini meluputi 16 Komponen mulai xari nomor urut 39 hingga 54 dengan rincian dari 16 komponen seluruhnya ada 42 bukti fisik, dokumen, arsip yang harus tersedia di sekolah khusus di SD/MI. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada tabel berikut ini.
BUKTI FISIK AKREDITASI SEKOLAH
DI SEKOLAH DASAR
IV. STANDAR PTK (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN) | |||
NO. URUT | BUKTI FISIK YANG HARUS ADA | YA | TIDAK |
39 | Daftar I (Kualifikasi akademik Guru S1) | | |
| Foto kopi Ijazah Guru | | |
40. | Foto kopi Sertifikasi Pendidik | | |
41. | Foto kopi Ijazah Guru | | |
| Surat Tugas Mengajar | | |
| Foto kopi Sertifikasi Pendidik | | |
42. | RPP | | |
43. | PTK | | |
| Peer Teaching perihal Kompetensi Pendidik | | |
44. | Peer Teaching perihal Kompetensi Profesional | | |
| RPP | | |
| Rekap Nilai UKG | | |
| Laporan Kegiatan PKB di KKG atau MGMP | | |
| PTK | | |
45. | Surat Berkelauan Baik dari Kepsek | | |
| Wawancara Assesor dengan Guru, Komite perihal Kepribadian | | |
46. | Wawancara Assesor dengan Guru, Komite, Siswa perihal Sikap Sosial | | |
47. | Buku Panduan Konseling | | |
| Buku Konseling | | |
| Format Interview | | |
| Hasil Konseling (Buku Konseling) | | |
48. | Ijazah, Sertifikat, KS, SK Kepsek sebagai Guru, SK Pangkat Penilaian KS oleh Pengawas | | |
49. | Program Kerja Kepala Sekolah | | |
| RKAS | | |
| Agenda Kepala Sekolah (Buku Humas) | | |
| SK Kepala Sekolah perihal Operator Sekolah, TU, Latanan Khusus | | |
| Struktur Organigram | | |
| SK Pembagian Tugas | | |
| Supervisi Kepala Sekolah | | |
| Buku PPDB | | |
| Wawancara Assesor dengan Guru perihal Kewirausahaan | | |
50. | Buku Kewirausahaan | | |
| Proposal Bantuan Sekolah (Meubeler, IT, dll) | | |
| Tupoksi KS | | |
| Analisis Swot | | |
| MoU dengan Dunia Usaha | | |
| Wawancara Assesor dengan Guru perihal ke Wirausahaan | | |
51. | Supervisi Kepala Sekolah (Program, Jadwal, Evaulasi, Tindak Lanjut) | | |
| Wawancara Assesor dengan Guru Tentang Supervisi Sekolah | | |
52. | Ijajah dan SK TU | | |
53. | Ijazah dan SK Pustakawan | | |
54. | SK KS dan Layanan Khusus | | |
....................., .................20...
Kepala Sekolah, Guru Penanggungjawab,
.......................... ......................................
16 Bukti Fisik Akreditasi Sekolah Yang Harus Ada Dalam IV Standar PTK |
Silahkan ambil saja filenya sudah ada di bawah ini.
Lihat juga.
Bukti Fisik Akreditasi SD/MI I Standar Isi
Bukti Fisik Akreditasi SD/MI II Standar Proses
Bukti Fisik Akreditasi SD/MI III Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Demikianlah semoga semua satuan pendidikan khsususnya SD/MI untuk mengetahuinya.
Tujuan tabel ini, kepala sekolah menugaskan guru sesuai dengan kemampuan di bidangnya. Misalnya Guru A diberi tanggungjawab megurus Standar Isi, Guru B sebagai penanggung jawab Standar Proses, dan seterusnya, semoga semua pekerjaan cepat dan beres dengan selesai. Semoga bermanfaat. Aamiin