Download Peraturan dan Kebijakan KI-KD SD, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SD

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA INDONESIA SD/MI 

KELAS: I 

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,  ialah “Menerima dan menjalankan  pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  ialah “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching),  ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.  
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut. 

Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut. 



KELAS: II 

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,  ialah “Menerima dan menjalankan  pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  ialah “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching),  ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.  
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut. 
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.


KELAS: III 

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi,  yaitu  (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual,  yaitu  “Menerima dan menjalankan  pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial,  ialah “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching),  ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik.  
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung dan sanggup dipakai sebagai pertimbangan guru dalam membuatkan abjad penerima didik lebih lanjut. 
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut.



5. KI-KD IPA SD.pdf
KOMPETENSI INTI DAN KOMPTENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SD/MI 

KELAS: IV 

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, ialah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, ialah “Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial ialah “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching) ialah keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. 

10. KI-KD IPS SD.pdf
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SD/MI 

Lihat juga :

Buku Guru dan Buku Siswa K13 SD/MI Kelas 6 Semester 2

KELAS: IV 

Tujuan kurikulum meliputi empat kompetensi, ialah (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler. 

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual ialah “Menerima, menghargai, dan menjalankan pemikiran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial ialah “Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak eksklusif (indirect teaching), ialah melalui keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah; dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi penerima didik. 

14. KI-KD Matematika SD.pdf
18. KI-KD PPKn SD.pdf
21. KI-KD PJOK SD.pdf
24. KI-KD PA Islam dan BP 
25. KI-KD PA Kristen dan BP SD.pdfSD.pdf
26. KI-KD PA Kristen dan BP SD.pdf
27. KI-KD PA Hindu dan BP SD.pdf
28. KI-KD PA Buddha dan BP SD.pdf
29. KI-KD PA Khonghucu dan BP SD.pdf
30. KI-KD SBdP SD.pdf

Lihat selengkapnya isi KI-KD SD di bawah ini.
Silahkan ambil !

Download Peraturan dan Kebijakan KI-KD SD, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SD

Demikianlah wacana KI dan KD SD.