Dalam Aplikasi Raport Taman Kanak-Kanak ini ada 2 (dua) seet atau kolom yaitu yang pertama kolom DATA ANAK, dan yang kedua kolom atau seet DATA USIA ANAK 4-5 TAHUN.
CARA PENGISIAN
PETUNJUK DATA ANAK
Kolom evaluasi diisi dengan HURUF KAPITAL dengan keterangan :
B = Baik
C = Cukup
P = Perlu Dilatih
>> Angka evaluasi merupakan aspek perkembangan sesuai dengan kelompok usia. Acuan yang dipakai disini yaitu PERMENDIKBUD NO. 137 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PAUD
Lihat tayangan kolom pertama.
Tampilan kolom atau seet aplikasi Raport TK |
KOLOM KEDUA
Tampilan Raport Taman Kanak-kanak Usia 4-5 Tahun |
Isi dari Raport Taman Kanak-Kanak Usia 4-5 Tahun yaitu sebagai berikut.
II FISIK MOTORIK
1 Motorik Kasar
- Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
- Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
- Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
- Melempar sesuatu secara terarah
- Menangkap sesuatu secara tepat
- Melakukan gerakan antisipasi
- Menendang sesuatu secara terarah
- Memanfaatkan alat permainan di luar kelas
2 Motorik Halus
- Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan
lingkaran
- Menjiplak bentuk
- Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melaksanakan gerakan yang rumit
- Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan
memakai banyak sekali media
- Mengekspresikan diri dengan berkarya seni memakai banyak sekali media
- Mengontrol gerakan tangan yang meggunakan otot halus (menjumput, mengelus,
mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)
3 Kesehatan dan Perilaku Keselamatan
- Berat tubuh sesuai tingkat usia
- Tinggi tubuh sesuai tingkat usia
- Berat tubuh sesuai dengan standar tinggi badan
- Lingkar kepala sesuai tingkat usia
- Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan pertolongan minimal
- Memahami banyak sekali alarm ancaman (kebakaran, banjir, gempa)
- Mengenal rambu kemudian lintas yang ada di jalan
Lihat juga :
Download Aplikasi Ijazah, Sertifikat, Piagam PAUD, TK, RA, KOBER, KB, TPA Berbasis Microsoft Excel
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 52 Tahun 2009 Tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Taman Kanak-kanak/Raudhatul Athfal (TK/RA)
KUMPULAN APLIKASI PENDIDIKAN
III KOGNITIF
1 Belajar dan Pemecahan Masalah
- Mengenal benda menurut fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
- Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
- Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap,
terang, temaram, dsb)
- Mengetahui konsep banyak dan sedikit
- Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai
pemecahan masalah
- Mengamati benda dan tanda-tanda dengan rasa ingin tahu
- Mengenal pola acara dan menyadari pentingnya waktu
- Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta didik/anak/teman)
2 Berpikir Logis
- Mengklasifikasikan benda menurut fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
- Mengenal tanda-tanda sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
- Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis
atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
- Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
- Mengurutkan benda menurut 5 seriasi ukuran atau warna
3 Berpikir Simbolik
- Membilang banyak benda satu hingga sepuluh
- Mengenal konsep bilangan
- Mengenal lambang bilangan
- Mengenal lambang huruf
IV BAHASA
1 Memahami Bahasa
- Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
- Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
- Memahami kisah yang dibacakan
- Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
- Mendengar dan membedakan bunyi- bunyian dalam Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)
2 Mengungkapkan Bahasa
- Mengulang kalimat sederhana
- Bertanya dengan kalimat yang benar
- Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
- Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
- Menyebutkan kata-kata yang dikenal
- Mengutarakan pendapat kepada orang lain
- Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
- Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
- Memperkaya perbendaharaan kata
- Berpartisipasi dalam percakapan
3 Keaksaraan
- Mengenal simbol-simbol
- Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
- Membuat coretan yang bermakna
- Meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z
V SOSIAL EMOSIONAL
1 Kesadaran Diri
- Menunjukkan sikap sanggup bangun diatas kaki sendiri dalam menentukan kegiatan
- Mengendalikan perasaan
- Menunjukkan rasa percaya diri
- Memahami peraturan dan disiplin
- Memiliki sikap gigih (tidak gampang menyerah)
- Bangga terhadap hasil karya sendiri
2 Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain
- Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
- Menghargai keunggulan orang lain
- Mau berbagi, menolong, dan membantu teman
3 Perilaku Prososial
- Menunjukan antusiasme dalam melaksanakan permainan kompetitif secara positif
- Menaati hukum yang berlaku dalam suatu permainan
- Menghargai orang lain
- Menunjukkan rasa empati
VI SENI
1 Anak bisa menikmati banyak sekali alunan lagu atau suara
- Senang mendengarkan banyak sekali macam musik atau lagu kesukaannya
- Memainkan alat musik/instrumen/benda yang sanggup membentuk irama yang teratur
2 Tertarik dengan acara seni
- Memilih jenis lagu yang disukai
- Bernyanyi sendiri
- Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
- Membedakan tugas fantasi dan kenyataan
- Menggunakan dialog, perilaku, dan banyak sekali bahan dalam menceritakan suatu cerita
- Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
- Menggambar objek di sekitarnya
- Membentuk menurut objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
- Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
- Mengkombinasikan banyak sekali warna dikala menggambar atau mewarnai
VII KESIMPULAN PERKEMBANGAN ANAK
- Tingkat Pencapaian Perkembangan BAIK
- Tingkat Pencapaian Perkembangan CUKUP
- Tingkat Pencapaian Perkembangan PERLU DILATIH
Selengkapnya apabila ada yang sedang memerlukan aplikasi raport Taman Kanak-kanak usia 4-5 Tahun dalam Excel silahkan download di bawah ini.
Demikianlah yang sanggup kami tulis pada kali ini, Semoga mempunyai kegunaan untuk semua penggunanya. Aamiin.