Download Kisi-Kisi, Contoh Soal dan Kunci Jawaban Pretest PPG, Siger Guru
Soal Pretest PPGContoh Soal dan Jawaban Pretest PPG
1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum sanggup berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap ...
A. Tahap sensorimotorik
B. Tahap praoperasional
C. Tahap operasional konkrit
D. Tahap operasional konkrit
2) Seorang anak dengan kemampuan memakai kata secara efektif baik ekspresi (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan mudah bahasa) berdasarkan Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan ...
A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)
B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)
C. Kecerdasan Ruang (spatial)
D. Kecerdasan Gerak Tubuh
3) Untuk mengetahui kemampuan awal penerima didik, seorang pendidik sanggup melaksanakan ...
A. pengayaan materi pelajaran
B. refleksi
C. latar belakang penerima didik
D. tes awal (pre-test)
4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan metode criterion
referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced ialah ...
A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang sanggup diterima, contohnya 5,0 atau 6,0.
B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut.
Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah sanggup diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.
C. Menganalisis kemampuan penerima didik
D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan mencar ilmu serta mencari siswa
yang mengalami tanda-tanda terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan mencar ilmu lainnya )
5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori mencar ilmu dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus ...
A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal
B. Menerapkan banyak sekali pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
C. Menggunakan seni administrasi pembelajaran
D. Hanya memakai teknik pembelajaran
6) Salah satu unsur seni administrasi pembelajaran ialah Mengidentifikasi dan memutuskan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur seni administrasi di atas dalam konteks pembelajaran ialah ...
A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil sikap dan pribadi penerima didik.
B. Mempertimbangkan dan menentukan sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
C. Mempertimbangkan dan memutuskan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.
D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan
7) Yang ditekankan di dalam seni administrasi pembelajaran interaktif adalah...
A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri
B. diskusi dan sharing diantara penerima didik
C. pembelajaran didominasi isyarat dari guru
D. proses penyampaian materi secara verbal
8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan memutuskan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ......
A. Tantangan internal dan Eksternal
B. Responsibility
C. Reinforced
D. Enriched
9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran memakai pendekatan saintifik, Artinya yaitu........
A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga sanggup membantu siswa untuk. sanggup mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya
B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa
C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih bisa dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan
D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran
10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa penerima didik mempunyai posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya semoga menjadi insan yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, sanggup berdiri diatas kaki sendiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ..........
A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni
B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan
C. Menyeluruh dan berkesinambungan
D. Beragam dan terpadu
12) Upaya guru dalam memperlihatkan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman mencar ilmu yang telah dialami yang paling optimal ialah dengan cara ........
A. Guru memperlihatkan tes atau pekerjaan rumah setiap selesai pelajaran
B. Guru memakai pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung
C. Guru mewawancarai tiap siswa wacana capaian atau persoalan mencar ilmu yang dihadapi siswa dalam belajar
D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar
13) Upaya merancang pengayaan bagi penerima didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ...............
A. Memberikan embel-embel materi berupa sumber latih dari pengarang yang berbeda
B. Memberikan tes embel-embel dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi
C. Memberikan embel-embel sumber baaan embel-embel yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai
D. Memberikan embel-embel materi berupa sumber latih dari penerbit yang berbeda
14) Yang di maksud dengan penilaian adalah
A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik.
B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.
C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.
D. Proses interaksi antara penerima didik dan pendidik
15) Bentuk penilaian yang menghendaki penerima didik menampilkan sikap memakai pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan kiprah di sebut penilaian
A. Pre test
B. post test
C. Autentik
D. Non Autentik
16) Pendidik melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi penilaian diri, penilaian “teman sejawat” (peer evaluation) oleh penerima didik. Adapun instrumen yang di gunakan dalam penilaian tersebut ialah :
A. Skala penilaian (rating scole)
B. rubrik
C. jurnal
D. Soal tes
17) Lingkup penilaian hasil mencar ilmu meliputi kompetensi beberapa kompetensi yaitu;
A. kompetensi spiritual, kompetensi sikap.
B. kompetensi inti, kompetensi dasar
C. kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi keterampilan, kompetensi pengetahuan.
D. kompetensi sikap sosial
18) Aspek yang di nilai dalam pembelajaran matetamatika sebagai berikut kecuali ;
A. Pemahaman konsep
B. Menggunakan grafik
C. melaksanakan prosedur
D. pemecahan persoalan dan sikap
19) Konsep menyodorkan banyak sekali situasi kepada siswa dan mendorong siswa untuk menyelidiki, mencari jawabannya ialah konsep dan strategi.....
A. Juscovery learning
B. Induktif learning
C. Inquiry learning
D. Cooperatif learning
20) Guru memebentuk kelompok kelompok mencar ilmu dan memeberikan kiprah kepada tiap kelompok . Setiap anggota dari suatu kelompok memperlihatkan kiprah dan fungsi tertentu sehingga bila salah satu tidak menjalankan tugasnya maka pekerjaan kelompok tersbut tidak sanggup di selesaikan . karakteristik dari seni administrasi pembelajaran tersebu ialah ;
A. Tugas kelompok
B. Diskusi kelompok kecil
C. Pengajaran eksklusif (direct teaching)
D. mencar ilmu kooperatf (cooperatf learning)
21) Teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran mempunyai tiga fungsi utama yang di gunakan dalam kegiatan pembelajaran kecuali
A. Teknologi sebagai alat bantu bagi siswa dalam pembelajaran
B. Teknologi sebagai ilmu pengetahuan (science)
C. Teknologi sebagai materi dann alat bantu pembelajaran (literacy)
D. Teknologi sebagai alat pengembangan produk
22) Bu Ani mengajak siswa kelas V ke ladang jagung milik petani untuk mengamati flora jagung yang siap di panen muda. Selanjutnya ibu Ani menyidik laporan hasil observasi siswa. Dari hasil pembagian terstruktur mengenai kecenderungan gaya mencar ilmu siswa di peroleh peringkat hasil mencar ilmu peringkat terbaik dari pembelajaran berupa observasi di luar kelas memperlihatkan siswa memeiliki kecenderungan gaya mencar ilmu berhasil baik melalui.....
A. Visual (pandangan mata)- Auditif (pendengaran)
B. Visual (pandangan mata ) – Kinestik (gerak )
C. Auditif (pendengaran )- Kinestetik (gerak)
D. Auditif Visual dan kinestetik
23) Upaya membimbing siswa untuk mengembang ketrampilan pengetahuan terlihat dalam upaya guru:
A. memberi teladan penting toleransi
B. mendiskusikan bagaimana mengubah permasalahan disekitar siswa
C. melatih bagaimana mempersiapkan kesehatan diri dan lingkungan sekitar
D. melatih siswa menciptakan keputusan yang diambil berdasarkan informasi
24) Upaya guru memakai hasil analisis untuk menentukanketuntasan mencar ilmu antara lain sebagai berikut .........
A. menentukan kreteria keberhasilan belajar
B. mengklasifikasi siswa berdasarkan hasil capaian belajarnya
C. mencari letak kelemahan secara umum dilihat dari kreteria keberhasilan yang diharapkan
D. merencanakan pengajaran remidi
25) Kegemaran anak akan dongeng /cerita yang bersifat kritis menyerupai kisah perjalanan riwayat para jagoan dan sebagainya merupakan ciri-ciri anak berusia.........
A. 3-5tahun
B. 6-8 tahun
C. 10-12 tahun
D. 15-18 tahun
26) Beberapa siswa mempunyai kecenderungan mencar ilmu berupa mengerjakan soal atau kiprah dengan cepat tetapi hasilnya banyak kesalahan .Gaya mencar ilmu para siswa tersebut adalah.......
A. implusive
B. reflektif
C. gaya berfikir terikat
D. gaya berfikir bebas
27) Hal yang mengandung makna Pancasila sebagai kaidah dasar Negara bersifat.......
A. jujur dan adil
B. mengikat dan memaksa
C. sementara dan selamanya
D. bergotong-royong dan sejujunya
28) Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang ......
A. Adil
B. Obyektif
C. Valid
D. Sistematis
29)Jika roda pertama berputar 3 kali, dan roda kedua berputar 9 kali, berapakalikah roda kedua akan berputar bila roda pertama berputar 10 kali
A. 30
B. 21
C. 27
D. 18
30) Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk sanggup menentukan manfaat atau kegunaan suatu obyek atau acara ialah ....
A. Pengukuran
B. Evaluaasi
C. Penilaian
D. Penilaian
31) Proses mendengarkan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh disebut.....
A. Membaca intensif
B. Membaca langsung
C. Membaca deduktif
D. Membaca sekilas
32) Etika Pancasila ialah .....
A. Ketuhanan, kemanusiaan dan keadilan
B. Keagamaan, social dan kerakyatan
C. Kebangsaan , kedaerahan dan kebudayaan
D. Ketuhanan, kerakyatan dan kebangsaan
33) Dalam kaitannya dengan upaya untuk memotivasi mencar ilmu siswa dan semoga proses pembelajaran berlangsung efektif, maka guru perlu mengacu pada....
A. Metode pembelajaran
B. Pendekatan pembelajaran
C. Strategi pembelajaran
D. Gaya pembelajaran
34) Manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ialah (1) meningkatkan proses mencar ilmu mengajar, (2) memakai rancangan yang bersifat siklus di mana setiap siklus memperhatikan perubahan langkah demi langkah, dan (3) meliputi proses refleksi dan partisipatif, kecuali....
A. Meningkatkan proses mencar ilmu mengajar
B. Menggunakan rancangan yang bersifat siklus
C. Mencakup proses refleksi
D. Menggunakan metodelogi terbaru
35) Pada suatu hari dalam perjalanan menumpangi kendaraan beroda empat angkot. Dua penumpang yang masih muda belia tertawa, tetapi tidak terdengar mereka melaksanakan interaksi. Karena penasaran, saya mencoba memperhatiakan apa yang mereka lakukan. Ternyata mereka ialah siswa-siswa tuna rungu sedang asyik berkomunikasi, akan tetapi komunikasi yang dilakukan tidak memakai bahasa. Mereka memakai jari-jari tangan untuk berkomunikasi. Dengan demikian mereka menggunkan bahasa isyarat. Dari ilustrasi di atas, bahasa termasuk komunikasi.....
A. Verbal
B. Nonverbal
C. Inverbal
D. Sistimatik
Informasi lainnya :
Surat Edaran Tentang Pelaksanaan PPG Tahun 2019
Download Kumpulan Soal dan Kunci Jawaban PPG Lengkap Semua Bidang Studi dan Lengkap Semua Jenjang Pendidikan
DOWNLOAD CONTOH SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPG SD KELAS BAWAH DAN ATAS TAHUN 201836) Seorang bayi mulai berinteraksi dengan mengeluarkan bunyi-bunyi yang tidak beraturan ketika diperlihatkan sebuah maianan dan diajak bicara. Seorang ibu seringkali memberi kesempatan kepada bayi untuk ikut dalam komunikasi sosial dengannya. Bayi mengangkat-angkat badannya seakan-akan memberi tanda untuk minta digendong. Ketika itulah bayi pertama kali mengenal sosialisasi dan mencicipi bahwa dunia ini tempat orang saling membuatkan rasa. Proses anak mulai mengenal komunikasi dengan lingkungannya secara verbal disebut dengan....
A. Pemerolehan bahasa
B. Pemerolehan isyarat anak
C. Pemecahan bahasa anak
D. Karakteristik anak
37) Penggunaan karakter kapital di bawah ini yang benar adalah....
A. “kapan bapak berangkat?” tanya dirman
B. Presiden joko widodo berkunjung ke blora.
C. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma
D. teluk bone sungguh indah dan mengagumkan.
38) Bahasa Indonesia Baku ialah bahasa Indonesia yang mengikuti kaidah atau pola bahasa Indonesia yang sedang berlaku.
Penggunaan karakter miring pada kalimat di atas dipakai untuk....
A. Menulis judul buku
B. Menjelaskan atau mengkhususkan huruf, bab kata, atau kelompok kata
C. Menuliskan kata nama-nama ilmiah
D. Menuliskan nama majalah
39) Masyarakat Indonesia terdiri dari banyak sekali suku dengan bahasa yang berbeda-beda, maka akan sulit berkomunikai kecuali ada satu bahasa pokok yang digunakan. Maka dari itu digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal ini Bahasa Indonesia mempunyai kedudukan dan fungsi....
A. Sebagai lambang pujian kebangsaan
B. Sebagai alat pemersatu bangsa
C. Sebagai alat perhubungan
D. Sebagai lambang identitas nasional
40) Untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan segala hal dalam konteks pendidikan digunakanlah Bahasa Indonesia. Hal tersebut merupakan fungsi Bahasa Indonesia sebagai....
A. Alat perhubungan tingkat nasional
B. Alat pengembangan kebudayaan dan IPTEK nasional
C. Bahasa yang dipakai dalam kejadian kenegaraan
D. Bahasa pengantar di forum pendidikan
41) Model pembelajaran yang cocok dengan mata pelajaran matematika adalah....
A. Model Inquiry Learning
B. Model Discovery Learning
C. Model Problem Based Learning
D. Model Project Based Learning
42) Teman-teman, pernah punya pengalaman menyerupai Fikri, nggak? Sewaktu ia bermain di sungai bersama teman-temannya, ia mnginjak kerikil sungai yang licin. Akibatnya ia terpeleset dan byuurrr... jatuh deh ke sungai. Waah... asyik, ya, bermain di sungai. Eh, teman-teman tahu nggak, mengapa kerikil di sungai halus dan licin sedangkan batu-batu di darat banyak yang kasar? Begini penjelasannya, simak ya....
Dalam bacaan di atas memakai ragam bahasa....
A. Resmi
B. Baku
C. Tidak baku
D. Daerah
43) Peggunaan tanda baca yamg benar dibawah ini ialah ............
A. Kita kini memerlukan meja. kursi. dan lemari.
B. Kita, kini memerlukan meja, kursi, dan lemari !
C. Kita kini memerlukan meja, bangku dan lemari.
D. Kita kini memerlukan meja bangku dan lemari ?
44) Menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa , Karena .........
A. Menyimak sambil melaksanakan acara lain tidak bisa menanggapi secara tepat
B. Menyimak sambil melaksanakan aktifitas lain bisa menanggapi secara tepat
C. Membaca sambil menyimak bisa menangkap pembicaraan secara benar
D. Menyimak sambil menyanyi , ternyata sanggup menanggapi secara tepat
45) Dalam pembelajaran membaca permulaan, ada beberapa metode yang sanggup dipakai kecuali ............
A. Metode Kupas rangkai suku kata
B. Metode kata lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
46) Berikut diberikan studi kasus :
Mula-mula diberikan kalimat secara keseluruhan. Kalimat itu diuraikan atas kata – kata yang mendukungnya. Dari kata – kata itu kita ceraikan atas suku – suku katanya dan kesudahannya atas karakter – hurufnya.Kemudian karakter – karakter itu kita sintetiskan kembali menjadi suku kata, suku kata menjadi kata dan kata menjadi kalimat. Berdasarkan studi kasus metode membaca permulaan yang tepat dipakai ialah .........
A. Metode Alfabet
B. Metode Suku Kata
C. Metode SAS
D. Metode Cerita
47) Memilihberbagai metode menulis permulaan
1). Menulis permulaan
2). Merangkaikan karakter lepas menjadi suku kata
3). Merangkaikan suku kata menjadi kata
4). Menyusun kata menjadi kalimat
Tahapan diatas ialah teknik menulis permulaan dengan metode ............
A. Metode Eja
B. Metode Kata Lembaga
C. Metode SAS
D. Metode Global
48) Merancang banyak sekali kegiatan menulis di kelas tinggi Berikut adaah kegiatan menulis lanjutan di kelas tinggi,kecuali....
A. Menulis wacana banyak sekali topik
B. Menulis pengumuman
C. Menulis pantun
D. Menulis memo
49) Kegiatan mementaskan lakon atau dongeng biasanya guru dan siswa mempersiapka naskah
dan skenario,perilaku dan perlengkapan.kegiatan tersbut mengekpesikan perasaan dan
pikiran siswa dalam bentuk bahasa lisan.hal tersebut termasuk hakekat berbicara jenis.....
A. Bercerita
B. Cerita berantai
C. Bermain peran
D. Dramatisasi
50) 1) Warna batunya merah menyala menyerupai api, bila terkena sinar matahari akan
menyilaukan mata.
2) Ayah mempunyai kerikil akik yang sangat-sangat ia sukai.
3) Batu akik ini sungguh asing alasannya ialah seakan menyala ketika lampu mati.
4) Tidak salah bila Ayah sangat suka dengan kerikil akiknya ini.
Urutan kalimat-kalimat di atas semoga menjadi paragraf yang padu ialah ...
A. 1 – 4 – 2 – 3
B. 1 – 3 – 2 – 4
C. 2 – 1 – 3 – 4
D. 2 – 3 – 4 – 1
51) Hakekat karya sastra apapun bentuknya tetap sama yakni .....
A. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan dimensinya.
B. Pengalaman kemanusiaan dalam segala wujud dan waktunya.
C. Pengalaman kemanusiaan dalam segala hal.
D. Pengalaman kemanusiaan dalam segala aspek kehidupan.
52) Sastra Indonesia terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu ...
A. Puisi, prosa, sajak
B. Puisi, pantun, drama
C. Puisi, prosa, drama
D. Puisi, drama, sajak
53) Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang tiba membayang
( ... )
Larik bermajas yang tepat untuk melengkapi puisi diatas yaitu ...
A. Batang usiaku sudah tinggi
B. Aku telah menjelang ajal
C. Aku lalai di hari pagi
D. Akhh, untuk apa ku sesalkan
54) Pada suatu pagi, beberapa anak burung berkumpul di tengah hutan sambil bergurau.
Mereka ialah burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, Burung Elang, dan Burung Gereja.
Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang memamekan diri kepada Burung Gereja. Burung Merak memamerkan bulunya yang indah. Burung Beo memarkan suaranya yang indah. Burung Murai Batu memamerkan kicauannya yang merdu. Burung Elang memamerkan kegagahannya. Burung Gereja sedih. Tak ada dalam dirinya yang bisa dibanggakan. Bulunya tidak
indah. Suaranya juga tidak merdu. Badannya pun tidak gagah. Lalu, burung Gereja pulang ke rumah dan bertemu dengan ibunya. Ia menceritakan kesedihannya. Ibu burung Gereja menghibur anaknya.
Suatu hari, burung Gereja berjalan-jalan ke hutan. Ia ingin sekali menemui teman-temannya. Tetapi tidak satupun temannya yang terlihat. Ia kemudian berjalan ke tepi hutan. Di tempat Pak Tani, Burung Gereja melihat Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang dalam perangkap Pak Tani. Mereka bercerita hendak dijual ke kota. Burung Merak, Burung Beo, Burung Murai Batu, dan Burung Elang sedih. Mereka meratapi kesombongannya.
Amanat yang sanggup kita petik dari dongeng tersebut ialah ...
A. Kita dilarang menyombongkan kelebihan yang kita miliki.
B. Kita dilarang memamerkan kekurangan kita.
C. Kesabaran dan ketabahan hati akan mendatangkan kebaikan.
D. Kita harus membanggakan diri sendiri supaya percaya diri.
55) Perhatikan cuplikan obrolan berikut !
Bu guru : “ Ibu mint kalian berdua jujur ! Kenapa isi kiprah kalian bisa sama persis,
bahkan titik dan komanya sekalipun “
Aline : “ Saya mengerjakan karya tulis itu sendiri bu.”
Chelsea : “ Saya juga mengerjakan karya nrimo saya sendiri.”
Bu guru : ” Lalu, bagaimana dengan ulangan tadi. Mengapa isi dari balasan ulangan kalian tidak sama dengan isi karya tulis kalian? Bisa menjelaskan ke ibu?
( usang Aline dan Chelsea melamun )
Bu guru : “ Baiklah kalau kalian tidak mau mengaku, ibu anggap kalian tidak mengerjakan kiprah karya tulis dan tidak mengikuti ulangan tadi.”
Karakter Bu Guru dalam drama di atas ialah ...
A. Galak
B. Tegas
C. Pemaaf
D. Bijaksana
56) Berapakah FPB dan KPK dari 126 dan 198 ...
A. 9 dan 1386
B. 18 dan 1386
C. 18 dan 1368
D. 9 dan 1368
57) Diketahui fungsi f : dan fungsi f ditentukan dengan rumus f (x) = x
2 + 1, bila f (a) = 10,
hitunglah nilai a yang mungkin.
A. a = 3 atau a = -3
B. a = -3 atau a = 3
C. a = -3 atau a = -3
D. a = 3 atau a = 3
58) Nilai x yang memenuhi sistem persamaan
59) Harga 2 koper dan 5 tas ialah Rp 600.000,00, sedangkan harga 3 koper dan 2 tas adalah
Rp 570.000,00. Harga sebuah koper dan tas ialah ...
A. Rp 240.000,00
B. Rp 270.000,00
C. Rp 330.000,00
D. Rp 390.000,00
60)Jumlah dua buah bilangan sama dengan 20. Jika hasil kali kedua bilangan itu sama dengan 75, maka bilangan-bilangan tersebut ialah ...
A. 4 dan 16
B. 5 dan 15
C. 6 dan 14
D. 8 dan 12
61) Nugraha membeli 3kg jeruk dan 2kg jambu dan ia harus membayar Rp. 16.000 sedangkan Dewi membeli 6kg mangga dan 1kg jambu dengan harga Rp. 26.000.
Berapakah harga 10kg jeruk dan 5kg?
A. Rp. 30.000
B. Rp. 32.000
C. Rp. 40.000
D. Rp. 50.000
62.
63) Perhatikan sifat-sifat bangkit datar berikut !
1) mempunyai dua pasang sisi yang sama panjang
2) mempunyai diagonal yang saling tegak lurus
3) mempunyai sudut siku-siku
4) mempunyai 2 pasang sisi sejajar
5) mempunyai sepasang sudut sama besar
Dari sifat-sifat di atas yang merupakan sifat laying-layang ialah ....
A. 1), 2), 3)
B. 1), 3), 4)
C. 1), 3), 5)
D. 1), 2), 5)
64) Hasil pencerminan terhadap garis x dari bangkit di bawah ini ialah ....
dst....
97) Metamorfosis ialah suatu proses perkembangan biologi pada binatang yang melibatkan perubahan penampilan fisik sehabis kelahiran atau penetasan. Dibawah ini ialah teladan serangga yang tidak mengalami metamorfosis yaitu...
A. Belalang
B. Nyamuk
C. Lalat
D. Semut
98) Katak mengalami metamorfosis sempurna. Dalam perkembangannya pada fase berudu, bernapas menggunakan...
A. Trakhea
B. Paru-paru
C. Insang
D. Kulit
99) Untuk menjaga kelestarian lingkungan salah satunya ialah dengan melaksanakan reboisasi atau penghijauan dengan tujuan...
A. Memperindah susunan kota
B. Menjaga tanah dan mencegah erosi
C. Memperoleh kayu yang berlimpah
D. Meningkatkan pendapatan
100) Limbah atau sampah terpisah menjadi sampah berair dan sampah kering. Hal yang paling tepat untuk mengatasi limbah sampah kering adalah...
A. Dibakar habis
B. Di daur ulang
C. Dikubur didalam tanah
D. Dibiarkan ditempat terbuka
KUNCI JAWABAN
Kunci Jawaban Pretest PPG, Siger Guru |
Kisi-Kisi Seleksi Program PPG Dalam Jabatan |
Lihat, dapatkan link dan bagikan kepada orang lain
Demikianlah yang sanggup kami informasikan terkait dengan Kisi-Kisi dan Contoh Soal Pretest PPG Guru dalam Jabatan. Semoga membantu. Amiin