Download Proposal Pelaksanaan USBN SD/MI Tahun Pelajaran 2018/2019


BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar Belakang

UUD'45 mengamanatkan semoga penyelenggaraan suatu sistem pengajaran yang diatur dengan Undang-undang, semoga sanggup menumbuhkan manusia-manusia yang bertanggung jawab yang sanggup membangun dirinya sendiri serta gotong royong bertanggung jawab atas pembangunan nasional. 

Untuk mewujudkan pembangunan nasional dibidang pendidikan memang sangat luar biasa, hal ini nampak dari upaya pembaharuan dan penyempurnaan Kurikulum dari mulai Kurikulum tahun 1994, Kurikulum Tahun 1999, Kurikulum Tahun 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Tahun 2006 yang sebagaimana telah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 dan Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Isi (SI) dan Standar Ketuntasan Lulusan (SKL) hingga kurikulum 2013.

Selain itu Pemerintah, baik tingkat sentra maupun tempat juga mengupayakan adanya standarisasi tingkat pengetahuan siswa untuk setiap jenjang dan jenis sekolah.

Mengingat evaluasi begitu penting dalam memilih keberhasilan Proses Pembelajaran di SD Negeri 1 Mekarmukti, maka pelaksanaannya perlu terorganisir secara baik dan terprogram, khususnya mengenai Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) hendaknya diperhatikan langkah-langkah penyelenggaraan semenjak dini, mulai kegiatan persiapan hingga pelaporan hingga selesainya kegiatan , yang kesemuanya itu harus terangkum dalam aktivitas yang harus dipersiapkan jauh sebelum aktivitas itu dilaksanakan. Hal itu patut dimaklumi mengingat suatu kegiatan yang mengacu kepada aktivitas yang telah disusun sebelumnya akan jauh lebih baik dibanding dengan sesuatu kegiatan tanpa program.

Baca juga :
POS, Kisi-Kisi, Jadwal UN dan USBN Tahun 2019 SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA atau yang sederajat
Inilah Link Hasil Pengumuman Seleksi SKB dan Jadwal SKB Kementerian Keungan RI Tahun 2018
DOWNLOAD CONTOH SURAT INSTRUKSI KEPALA SEKOLAH
2. Landasan Hukum
  1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 perihal Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 perihal Standar Nasional Pendidikan.
  3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 tahun 2006 perihal Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
  4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 perihal Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
  5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 perihal Standar Penilaian Pendidikan
  6. Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2010 Nomor 23, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5105) sebagaimana telah  diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang  Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 Tentang  Pengelolaa dan Penyelenggaraan Pendidikan (Lembaran Negara  Tahun 2010; Nomor 112, Tambahan Lembaran Negara Nomor 5157); 
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 129 Tahun 2014 perihal Sekolah rumah;
  8. Peraturan tubuh standar nasional pendidikan perihal mekanisme operasional standar penyelenggaraan ujian sekolah berstandar nasional tahun pelajaran 2018/2019.
  9. Peratuaran Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 perihal Standar Penilaian Pendidikan.
  10. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2018/2019
  11. Jadwal Pelaksanaan Latihan Ujian, USBN, UKK Tahun 2019 Nomor : 800/45/Disdik Tanggal 10 Januari 2019.
3. Maksud dan Tujuan
  1. Memiliki pencapaian kompetensi lulusan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
  2. Mendorong tercapainya sasaran Wajib Belajar Pendidikan Dasar yang  bermutu.
4. Kegunaan
  1. Pemetaan mutu satuan pendidikan
  2. Dasar seleksi anak masuk pendidikan selanjutnya.
  3. Penentuan kelulusan akseptor didik dalam satuan pendidikan
  4. Dasar perbaikan pemberian pertolongan kepada satuan pendidikan dan  upaya peningkatan mutu pendidikan.
Selengkapnya ada pada link di bawah ini.
BAB V
PENUTUP

Demikian yang sanggup kami paparkan mengenai materi yang menjadi pokok bahasan dalam aktivitas USBN ini, tentunya masih banyak kekurangan dan kelemahannya, kerena terbatasnya pengetahuan dan kurangnya rujukan atau rujukan yang ada hubungannya dengan penyusunan aktivitas USBN SD ini.

Kami banyak berharap para pembaca yang budiman sudi menawarkan kritik dan saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya aktivitas USBN ini. Semoga aktivitas USBN ini berkhasiat bagi kami pada khususnya juga para pembaca yang akal man pada umum nya.
Semoga bermanfaat.