Pembelajaran pada kurikulum 2013 menekankan kepada penerapan konsep berguru sambil melaksanakan sesuatu. Pendekatan pembelajaran yang mengaitkan atau memadukan beberapa kompetensi dasar dan indikator dari standar isi beberapa mata pelajaran menjadi satu kesatuan untuk dikemas dalam satu tema Siswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang utuh sehingga bermakna, siswa memperoleh pengalaman eksklusif dan aktual dari kekerabatan antar konsep ini merupakan pengertian dari pembelajaran tematik terpadu pada kurikulum 2013.
Dengan demikian seorang guru harus merencanakan atau merancang pengalaman berguru yang akan mensugesti kebermaknaan pembelajaran penerima didik. Pengalaman berguru merupakan konsep tual dari unsur-unsur yang berkaitan dengan hasil pengalaman berguru sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efesiaen dan bermakna. Peta konsep antar mata pelajaran yang dipelajari akan membentuk sketsa sehingga penerima didik menemukan pengetahuan secara utuh. Maka dengan pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sekolah dasar akan sangat membantu siswa alasannya yaitu siswa SD masih dalam tahap perkembangan, sehingga melihat sesuatu dalam satu keutuhan yang konkrit atau nyata.
Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 SD Lengkap mulai dari Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 dan 2 Tahun Ajaran 2019/2020 |
Manfaat dari pembelajaran tematik di SD :
- Materi dalam beberapa mata pelajaran memilii keterkaitan konsep.
- Bebrapa mata pelajaran dikemas dalam satu tema yang sama, sehingga siswa memusatkan perhatian
- Pemahaman terhadap bahan pelajaran lebih bermakna dan mendasar.
- Memungkinkan berkembang jaringan konsep dalam bentuk matrik.
- Dapat menghemat waktu alasannya yaitu beberapa mata pelajaran disajikan dalam satu tema secara terpadu dalam alokasi waktu yang telah direncanakan.
Pembelajaran tematik
Kompetensi dasar dan indikator yang harus dikuasai siswa sudah tertulis dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada setiap mata pelajaran yang terpisah satu dengan lainnya.
pada setiap mata pelajaran yang akan dipadukan. Guru harus memahami betul kandungan isi dari masing-masing kompetensi dasar dan indikator tersebut sebelum dilakukan pemaduan-pemaduan. Penerapan sistem guru kelas di sekolah dasar, di mana guru mempunyai pengalaman mengajarkan seluruh mata pelajaran, guru sanggup lebih cepat melihat keterhubungan kompetensi dasar dan indikator antar-mata pelajaran.
Cara pertama, dimulai dengan menetapkan terlebih dahulu tema-tema tertentu yang akan diajarkan, dilanjutkan dengan mengidentifikasi dan memetakan kompetensi dasar pada beberapa mata pelajaran yang diperkirakan relevan dengan tema-tema tersebut.
Pengaturan waktu dalam jadwal pejaran kurikulum 2013 berbeda dengan KTSP. Waktu Kurikulum 2006 1 jam pelajaran = 40 menit, dalam Kurtilas 1 jam pelajaran 35 menit. Sebagaimana rincian aloksai waktu dalam jadwal pelajaran Kurikulum 2013 untuk SD/MI yaitu berikut ini.
Contoh Pembuatan Jawal Pelajaran Kurikulum 2013
di Sekolah Dasar
Tahun Pelajaran 2019/2020
Waktu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabutu
07.00-07.30 Upacara Pembiasaan Pembiasaan Embun pagi Pramuka Pramuka
07.30-08.05 Tema 1 Subtema 2 Subtema 3 Subtema 4 Subtema 5 Subtema 6
08.05-08.40 Subtema 1 4 JP 4 JP 4 JP 4 JP 4 JP
08.40-09.15 4 JP
09.15-09.50
09.50-10.20 Istirahat Itirahat Istirahat Istirahat Istirahat Istirahat
10.20-10.55 diisi mapel
10.55-11.30 mulok/mapel
11.30-12.05 lain yang
12.05-12-40 sesuai
Keterangan :
1 Tema untuk pertemuan 1 bulan = 66 jam pelajarn
1 Subtema untuk pertemuan 1 ahad = minimal 24 jam pelajaran
Setiap hari pertemuan = 4 jam pelajaran
Jadi, dalam satu ahad ada 24 jam ditambah oleh mata pelajaran lain menyerupai :
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 4 jam pelajaran
2. Mulok Wajib : Bahasa Sunda 2 jam pelajaran
3. Mulok pilihan I : Bahasa Inggris 2 jam pelajaran
4. Mulok pilihan II : Pendidikan Lingkingan Hidup 2 jam pelajaran
5. Ekstakurikuler wajib : pramuka untuk kelas bawah 2 JP, untuk Kelas tinggi 4 JP
Jumlah mata pelajaran diluar mapel tematik yaitu = 12 atau 14 jam pelajaran per minggu
Jumlah jam keseluruhan dalam satu ahad yaitu :
24 JP + 12 = 36 JP atau 24 + 14 = 36 JP.
Secara lengkapnya jumlah waktu jam pelajaran dalam kurikulum 2013 atau Alokai Waktu Per ahad sesuai dengan hukum puskur yakni :
Kelas 1 = 30 JP
Kelas 2 = 31 JP
Kelas 3 = 32 JP
Kelas 4 = 36 JP
Kelas 5 = 36 JP
Kelas 6 = 36 JP
Demikianlah sekilas ihwal pembahasan yang ada kaitannya dengan Jadwal Pelajaran Kurikulum 2013 di Tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.
Untuk lebuh lengkapnya lihat jadwal Pelajaran Tahun Pelajaran 2019/2020 yang sudh jadi di bawah ini.
[ DOWNLOAD ]
Jadwal Pelajaran K13 SD Kelas 1 Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester 1 dan 2 |
[ DOWNLOAD ]
Jadwal Pelajaran K13 SD Kelas 2 Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester 1 dan 2 |
[ DOWNLOAD ] |
Jadwal Pelajaran K13 SD Kelas 3 Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester 1 dan 2 |
[ DOWNLOAD ] |
Jadwal Pelajaran K13 SD Kelas 4 Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester 1 dan 2 |
[ DOWNLOAD ] |
Jadwal Pelajaran K13 SD Kelas 5 Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester 1 dan 2 |
[ DOWNLOAD ] |
Jadwal Pelajaran K13 SD Kelas 1 Tahun Pelajaran 2019-2020 Semester 1 dan 2 |
Tersedia juga :
- Download Aplikasi KKM Tahun Pelajaran 2019/2020 Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, SD Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013
- Download KI-1, KI-2, KI-3, dan KI-4 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk SD / MI Lengkap
Perencanaan pembelajaran sanggup dibentuk dan disusun apabila kegiatan sudah dibentuk oleh seorang guru, termasuk guru mata pelajaran di Sekolah M...
Sampai di sini dulu pertemuan kita, maklum sudah larut malam. Semoga bermanfaat. Dan mudah-mudahan dilain kali kita sanggup berjumpa kembali. Selamat tidur dan mimpi yang indah, supaya esok hari bangkit dengan bugas dan penuh semangat untuk melaksanakan kiprah yang mulai demi menuju rido Allah SWT. Aamiin.